Woensdag, 20 Maart 2013

PERANAN ILMU KIMIA DALAM BIDANG KEDOKTERAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Kimia analisis telah berada di garis depan dari semua ilmu sejak manusia telah tertarik dalam dunianya.
Kimia  analisis     merupakan  ilmu  kimia  yang  mendasari  analisis  dan  pemisahan sampel.  Analisis dapat bertujuan untuk menentukan  jenis komponen apa saja yang terdapat dalam suatu sampel (kualitatif), dan juga menentukan berapa banyak komponen yang ada dalam suatu sampel (kuantitatif).   Tidak semua unsur atau senyawa yang ada dalam sampel dapat dianalisis secara langsung, sebagian besar memerlukan proses pemisahan terlebih dulu dari unsur yang mengganggu.   Karena itu cara-cara atau prosedur pemisahan  merupakan hal penting juga yang dipelajari dalam bidang ini.
Dibandingkan  dengan cabang ilmu kimia lainnya seperti kimia anorganik, organik, fisik dan biokimia, maka kimia analisis mempunyai penerapan yang lebih luas.  Kimia analisis tidak saja dipakai di cabang ilmu kimia lainnya, tapi juga dipakai luas dalam cabang ilmu pengetahuan lain seperti ilmu lingkungan, kedokteran, pertanian, kelautan dan sebagainya.   Demikian juga di bidang industri, profesi, kesehatan dan bidang lainnya kimia analisis memberikan peranan yang tidak sedikit.
Dalam bidang kedokteran diperlukan berbagai analisis untuk menentukan  berbagai  unsur  atau  senyawa  dalam  sampel  seperti  darah,  urin, rambut, tulang dan sebagainya.    
Ditinjau dari caranya, kimia analisis digolongkan menjadi :
•   Analisis klasik
Analisis klasik berdasarkan pada reaksi kimia dengan stoikiometri yang telah diketahui  dengan pasti.   Cara ini disebut juga cara absolut karena penentuan suatu  komponen  di  dalam  suatu  sampel  diperhitungkan  berdasarkan perhitungan kimia pada reaksi yang digunakan.   Contoh analisis klasik yaitu volumetri  dan  gravimetri.     Pada     volumetri,  besaran  volume  zat-zat  yang bereaksi meupakan besaran yang diukur, sedangkan pada gravimetri, massa dari zat-zat merupakan besaran yang diukur.
•   Analisis instrumental
Analisis   instrumental   berdasarkan   sifat   fisiko-kimia   zat   untuk   keperluan analisisnya.      Misalnya  interaksi  radiasi  elektromagnetik  dengan  zat menimbulkan  fenomena  absorpsi,  emisi,  hamburan  yang  kemudian dimanfaatkan untuk teknik analisis spektroskopi.   Sifat fisiko–kimia lain seperti pemutaran  rotasi  optik,  hantaran  listrik dan panas,  beda  partisi  dan absorpsi diantara dua fase dan resonansi magnet inti melahirkan teknik analisis modern yang lain.   Dalam  analisisnya  teknik  ini   menggunakan  alat-alat  yang modern sehingga disebut juga dengan analisis modern.
1.2  TAHAPAN-TAHAPAN  ANALISIS KUANTITATIF
Dalam analisis kuantitatif terdapat empat tahap utama analisis yaitu: (1) sampling, (2) pengubahan analit ke dalam bentuk yang sesuai dengan pengukuran, (3) pengukuran, (4) perhitungan dan interpretasi data.
(1)   Sampling
Sampling dimaksudkan  untuk memilih contoh yang dapat menggambarkan  materi keseluruhan   yang   sebenarnya.       Meski   pun   seorang   analis   sering   langsung memperoleh   analat   yang  sudah   dalam   ukuran   laboratorium,   hendaknya   juga disadari  bahwa  informasi  tentang  bagaimana  sampling  dilakukan  merupakan  hal yang penting karena akan berkaitan dengan interpretasi data yang akan dilakukan.
Dalam analisis kimia, untuk bidang seperti laboratorium medis, sampel cairan tubuh pasien dianalisis untuk komposisi kimianya. Plasma darah, serum darah, urin, dan bahkan cairan tulang belakang dapat dianalisis untuk bahan kimia prinsip untuk menunjukkan kesehatan atau penyakit yang mungkin. Plasma darah digunakan umumnya dalam analisis kimia untuk mendeteksi kadar glukosa dalam darah, dan analisis penting untuk diabetes.
Serum darah dapat digunakan untuk mendeteksi array yang luas dari fungsi biokimia dalam tubuh manusia, seperti elektrolit untuk fungsi otak dan saraf, berfungsi merangsang hormon tiroid. Kimia darah manusia sangat kompleks, tetapi analisis kimia telah diurutkan keluar menjadi mudah dipahami.
Analisis kimia urin manusia dapat mengungkapkan sejumlah fungsi ginjal dan fungsi metabolisme. Hal ini juga penting untuk menggunakan urin untuk mendeteksi kemungkinan penggunaan narkoba sah pada individu itu dicurigai. Kimia urin sama berharganya dengan analisis kimia darah, karena juga bisa membuat fungsi tertentu yang dikenal dari organ-organ tubuh lainnya, dan bahkan menunjukkan masalah pada pasien diabetes.
Cerebral fluid (CSF) analisis kimia tulang belakang adalah alat yang sangat berguna untuk mendeteksi masalah-masalah neurologis banyak pasien. Protein dan glukosa hadir dalam CSF dapat mengindikasikan penyakit potensial ketika terdeteksi di luar rentang normal.
Manfaat analisis kimia dalam ilmu-ilmu alam seperti biologi dan disiplin lingkungan luar biasa untuk memahami dunia kita. Perusahaan farmasi tidak akan pernah bisa untuk penelitian obat alam yang potensial tanpa analisis kimia. Ini adalah suatu fungsi penting dalam pengaturan ilmiah, ahli geologi, arkeolog, dan bahkan ahli paleontologi akan buta tanpa itu.
Analisis Kimia telah membuka pikiran dan mata banyak ilmuwan selama ribuan tahun, dan telah lahir pengembangan obat baru dan bahan kimia untuk industri dan rumah. "Lebih baik hidup melalui kimia" tidak akan pernah menyindir jika bukan karena analisis kimia yang dicapai.
BAB II
ISI
2.1  PERANAN KIMIA ANALISIS DALAM BIDANG KEDOKTERAN
Dalam bidang kedokteran diperlukan berbagai analisis untuk menentukan berbagai unsur itu adalah sebagian saja yang dapat dikemukakan mengenai peranan kimia analisis dalam .

Kedokteran pertanian kelautan dan sebagainya Demikian juga di bidang industri profesi kesehatan dan bidang lainnya kimia analisis memberikan peranan yang tidak sedikit Dalam.
Kimia Analisis Bidang ini berkaitan Manfaat ilmu kimia yang pertama pada kehidupan manusia adalah dalam bidang kedokteran manfaat ilmu kimia memegang peranan penting dalam . Peran ilmu kimia dalam kehidupan seharihari peranan ilmu kimia dalam bidang kedokteran peranan kimia Pendahuluan Kimia Analisis Perlakuan Data Hasil Praktikum Kromatografi Seriometri. Dalam bidang kedokteran diperlukan berbagai analisis untuk menentukan berbagai unsur Itu adalah sebagian saja yang dapat dikemukakan mengenai peranan kimia analisis dalam kehidupan.
Kompleks atau senyawa koordinasi dalam industri kimia analisis dan Setiap komponen memainkan peranan dalam pembentukan Dalam dunia kedokteran darah sangat diperlukan untuk.
Pemanfaatan Analisis kimia ini dalam bidang kedokteran seperti : dimanfaatkan untuk membuat bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. Obat dibuat berdasarkan basil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. Contohnya, etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran.
BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Kimia  analisis     merupakan  ilmu  kimia  yang  mendasari  analisis  dan  pemisahan sampel.  Analisis dapat bertujuan untuk menentukan  jenis komponen apa saja yang terdapat dalam suatu sampel (kualitatif), dan juga menentukan berapa banyak komponen yang ada dalam suatu sampel (kuantitatif). Dalam bidang kedokteran diperlukan berbagai analisis untuk menentukan  berbagai  unsur  atau  senyawa  dalam  sampel  seperti  darah,  urin, rambut, tulang dan sebagainya.
Kedokteran pertanian kelautan dan sebagainya Demikian juga di bidang industri profesi kesehatan dan bidang lainnya kimia analisis memberikan peranan yang tidak sedikit Dalam. Pemanfaatan Analisis kimia ini dalam bidang kedokteran seperti : dimanfaatkan untuk membuat bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. Obat dibuat berdasarkan basil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. Contohnya, etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran.


3.2  SARAN
Apabila Ibu Dosen dan Teman - teman ingin menyampaikan kritik serta sarannya, saya perkenankan dengan segala hormat. Demi tercapainya kesempurnaan pada makalah saya. Kedepannya saya akan menjadi lebih baik lagi, dan dapat mengaplikasikan ilmu tentang kimia analitik ini dalam kehidupan masyarakat











DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia
http://www.anneahira.com/ilmu/ilmu-kimia.htm
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/instrumen_analisis/pendahuluan-kimia-analitik
                 /pengertian-kimia-analitik/
http://www.smartlab.co.id/artikel/penggunaan-kimia-analisa
staff.unila.ac.id/sonnywidiarto/files/2011/09/bab-1-pengantar.pdf
http://yusoft-technology.blogspot.com/2012/06/peranan-kimia-analisis-dalam-bidang.html

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking